BENARKAH ORANG KAYA ITU DITAKDIRKAN?

Menjadi kaya katanya adalah sebuah takdir. Banyak orang berpendapat seperti itu. Kalau memang takdir, benarkah manusia tidak bisa mengusahakannya? Yuk kita telusuri baik-baik ulasan berikut ini,

1. Ego yang tinggi melahirkan orang kaya. Ego itu seperti dorongan kemenangan. Orang yang memiliki ego yang tinggi selalu haus kekuasaan. Di sebuah berita, ada pemuda berusia 30 tahun memiliki ego yang tinggi berupa harta, tahta, wanita, akhirnya istrinya melapor polisi dan menuduh berzina. Bisakah seorang kaya menjadi seorang yang bijaksaja dalam satu waktu? Dibalik kesuksesan selalu ada pilihan baik dan buruk. Bagaimana cara kita menyeimbangkannya jika bukan dengan kebijaksanaan?

2. Ketika kita tidak memiliki ego yang tinggi? Kita punya cara yaitu bertukar solusi masalah dengan orang kaya. Masalah orang kaya itu seperti membangun sarang madu, semakin besar sarang madu semakin banyak penboleng alias pencuri. Memang nasib orang kaya adalah mabuk kekayaan.

Ketika kita terlalu mabuk kemenangan, kekuasaan, maka kita adalah korban yang akan memakan korban lagi, yaitu keluarga kita sendiri. Kekayaan itu seperti kisah yang dialami Mike Tyson yang mabuk kemenangan, dia ditanya kemana saja income sebesar 4 trillyun setahun saat itu? Mungkin habis karena sifat tamak dalam dirinya. Semua dianggap properti miliknya. Termasuk keluarganya sendiri.

Kemudian, kemenangan itu seperti minum air sirup, semakin sering minum minuman manis, semakin terasa haus. Lalu mengakibatkan penyakit diabetes. Obat orang yang haus kemenangan adalah “berani susah”, ibarat seperti lebah, dilarang menyimpan madu.

Penderitaan haus kemenangan itu membuat dirinya seperti mabuk cinta, akhirnya cinta buta. Dia tidak bisa melihat kenyataan. Korban haus kemenangan akibat kehilangan kesadaran, kehilangan kebenaran.

Bagi orang yang belum kaya, besar kemungkinan akan menjadi kaya saat bertukar solusi masalah dengan orang kaya.

Banyak owner perusahaan tidak ingin belajar kebijaksanaan. Mengapa harus tergantung kepada orang lain untuk memahami kebijaksanaan?

Kebijaksanaan adalah sesuatu yang harus dilakukan untuk mencapai kekayaan. Bukan. Bukan hanya kekayaan, namun puncak kesuksesan.

(Inspirasi: Ir. GOenardjoadi Goenawan MM)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *