Strategi Marketing

BAGAIMANA CARA MENERAPKAN ILMU MARKETING DALAM BISNIS?

Banyak strategi yang kita bisa gunakan untuk membuat bisnis memenangkan persaingan pasar. Misalnya dengan menerapkan strategi marketing yang baik. Saya akan coba paparkan strategi marketing yang baik dan sudah saya lakukan selama beberapa tahun terakhir ini.

Strategi pemasaran yang baik, menurut pengalaman saya, yaitu ketika kita menggabungkan beberapa elemen dalam ilmu marketing itu sendiri. Strategi dilakukan secara terpadu, dan terus-menerus.

Sebelum kita memulai penerapan ilmu marketing, kita harus tahu, variabel pemasaran yang bisa kita gunakan untuk mengejar tingkat penjualan. Penentuan variabel itu sendiri akan ada banyak versinya. Tinggal apakah kita akan menjalankannya secara bersamaan atau gabungan.

Ilmu marketing memiliki beberapa elemen yang biasa dikenal dengan 7P. Unsur 7P itu sendiri terdiri dari:

Product
Product; unsur produk dibagi menjadi 2 yaitu fisik dan juga digital. Dalam strategi ini, kita perlu memperhatikan kualitas dari produk itu sendiri. Dalam hal ini, kita harus menjual prodk kepada calon pembeli yang merasa mereka butuh untuk membeli, bukan sekedar ingin membeli.

 

Price
Price; dalam hal ini adalah jumlah biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan kombinasi antara barang dan juga pelayanannya. Jika produk yang kita jual sudah siap, maka kita baru akan menentukan harga dair produk itu sendiri.

 

Promotion
Promotion; pada dasarnya adalah sebuah aktivitas penyebaran informasi yang bersifat membujuk, mempengaruhi, atau mengingatkan pasar bahwa produk kita sudah siap untuk dibeli, atau kita siap menawarkan jasa kepada calon konsumen kita.

 

Place
Place; tempat penyaluran atau distribusi dimana produk bisa sampai kepada konsumen.

 

Partisipant/ People

People; setiap orang yang masuk dan berpartisipasi dalam memasarkan produk-produk kita atau berpartisipasi dalam strategi pemasaran produk kita.

 

Process

Process; dalam pengertian marketing, proses itu sendiri bukanlah proses transaksi antara calon pembeli dan penjual. Melainkan proses disini adalah upaya bagaimana pelayanan penjualan kita kepada para konsumen.

Physical Evidence (Bukti Fisik)

Physical evidence; kondisi atau suasana. Bisa berupa fasilitas, simbol perusahaan, visi, kekayaan perusahaan, kartu nama dan lainnya.

Memenangkan persaingan pasar tidaklah sulit, juga tidak begitu mudah. Keberhasilan menggunakan strategi pemasaran itu dinilai dari kualitas jasa atau barang yang ditawarkan. Namun disamping hal itu, beberapa penentu juga bisa mengukur keberhasilan strategi pemasaran kita, seperti;

Kualitas, seperti apa kualitas barang atau produk kita saat diterima oleh pembeli.

Harapan produk/jasa, seperti apa harapan yang konsumen rasakan terhadap produk ktia. Apakah produk kita seperti yang mereka inginkan, butuhkan atau harapkan.

Ada 5 unsur yang bisa mempengarui atau menentukan seberapa baik kualitas barang/jasa kita. Unsur tersebut seperti asuransi (jaminan atau garansi), empati, reliabilitiy (keadaan), responsive (daya tanggap), tangible (bukti nyata/ testimoni).

Dengan lima unsur tersebut, kita bisa tahu seberapa baik kualitas dari produk yang dipasarkan. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *