Pentingnya Data!

Hal yang penting dalam bisnis adalah data.

Data berhubungan dengan apa yang disuka oleh konsumen. Mengintip sepak terjang Netflix dalam bisnis video straming. Semua keberhasilan Netflix bermula dari data.

Apa itu NetFlix? Dimulai sebagai jasa berlangganan DVD via pos dengan jangkauan seluruh AS di tahun 1997. Kini pelanggan bisa menikmati video on-demand via streaming Internet.

Di awal bisnis, NetFlix mengandalkan jasa pos United States Postal Service (USPS), karena biaya murah dan jangkauan luas. Cukup dengan perangko 32 sen, satu keping DVD bisa sampai ke tangan konsumen.

Keberanian menggunakan jasa pos sering distigma kurang bisa diandalkan dan kemasan yang menggunakan amplop kertas tanpa karton pelindung. Tapi ternyata sangat memukau, piringan DVD tidak pecah.

Belum pernah ada bisnis serupa yang demikian berani dalam distribusi. NetFlix berhasil membangkrutkan toko rental video Hollywood Movies dan Blockbuster.

Peminjaman video DVD dilakukan via internet dan pengiriman via USPS tanpa ada batas waktu dan penalti. Intinya, kartu kredit konsumen hanya di-chargesebesar US$ 20 per bulan, terus-menerus selama DVD yang dipinjam belum dikembalikan.

 

YouTube sebagai inspirasi NetFlix dan Hulu, kini bisnis video streaming via internet makin populer. Visi Hastings bahwa streaming video via internet menggantikan kepingan DVD terbukti.

Amazon, Google, dan Facebook pun terinspirasi oleh NetFlix untuk menawarkan video streaming. Amazon, misalnya menawarkan streaming video yang tidak kalah hebatnya dan gratis terbatas bagi para pelanggan Prime Amazon.

NEtflix membuat film berdasarkan data. Dimana data itu meliputi, genre film yang paling disuka oleh orang-orang, sutradara yang paling berhasil membuat filmnya disukai banyak orang, dan aktor yang paling banyak disukai oleh orang-orang. Sampai kemudian munculah film serial oleh Netflix memenangkan kategori pertama web television serial terbaik.

Bagaimana cara untuk mendapatkan data primer dalam sebuah bisnis?

Menanyakan pertanyaan terbuka dalam bentuk survei.

Survei terbaik adalah ketika anda tidak mengatakan kalau ini adalah survey. Katakan langsung pada sebuah pertanaan open ended question.

Untuk menemukan apa yang akan dibeli oleh masyarakat pelajari perilakunya dengan mengajukan beberapa pertanyaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *