7 Kesalahan Fatal Pengusaha Pemula

Hasil sharing bersama dengan Dewa Eka Prayoga.

  1. Asal Action
    Jangan menjalankan usaha hanya karena dikompori oleh orang lain. Miliki ilmu terlebih dahulu, bagaimana cara menemukan bisnis, dan menemukan cara jualan.
  2. Ikut-ikutan.
    “Trend laris”, jangan ikut-ikutan orang lain. Mulai dari sekarang, miliki lah gairah bagaimana mengembangkan sebuah bisnis. Tanam harapan dalam bisnis anda.
  3. Gampang percaya.
    Percaya dengan teman, guru atau siapapun orang-orang disekitar anda. Bisnis tetaplah bisnis, jangan berbisnis hanya karena asas kepercayaan saja. Kontrak dan akadnya harus profesional.
  4. Ingin cepat.
    Baru mulai bisnis ingin langung ekspansi. Jangan lakukan itu. Nikmati prosesnya. Kesuksesan tidak ada yang instan. Berjuang sendiri. Akan ada waktu dimana nanti bisa mengembangkan bisnis anda.
  5. Mereka banyak gaya.
    Banyak gaya, begitu banyak hasilnya, lalu kalut dengan materi. Hidup sederhanalah! Profit jangan langsung digunakan, tabunglah, simpan untuk pengembangan bisnis dan investasi.
  6. Gampang hutang.
    Ketergantungan hutang. Hutang bukan masalah nominal, namun masalah mental. Kalau kita terbiasa hutang itu akan membuat kita terlilit lebih banyak hutang. Hindari hutang saat sedang memulai bisnis.
  7. Buta Finansial.
    Pahami ilmu tentang uang. Kenapa uang itu ada, bagaimana uang itu muncul dan bagaimana cara uang berkembang. Memisahkan kepentingan pribadi dengan finansial. Kita tidak bisa membedakan mana profit mana non profit. Mana laba mana rugi. Mana modal dan mana hutang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *