10 Langkah Merintis Usaha dengan Modal Terbatas

Memulai usaha dari nol tidak semudah membalikkan telapak tangan. Ada beberapa hal yang mesti kita perhatikan. Jika kita kurang serius dan kurang ilmu dalam membangun sebuah perusahaan, kita tidak akan berkembang dan cenderung mengalami kerugian.

Beberapa hal penting yang saya catat ini akan membantu kita dalam memulai usaha kita mulai dari modal kecil di awal perintisan usaha.

  1. Tentukan jenis usaha kita
    Sebelum memutuskan untuk merintis usaha sendiri, penting untuk menentukan jenis usaha dan membaca peluang bisnis dimulai dari data yang dimiliki dari prospek yang cerah.
  2. Segera lakukan survei
    Hal ini penting untuk mengetahui seberapa besar peluang usaha kita di masa depan. Apakah tingkat keberhasilannya akan tinggi atau tidak. Survei itu sendiri bisa kita lakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti, lokasi yang strategis, tingkat persaingan, dan bagaimana perlaku konsumen.
  3. Menyiapkan modal
    Pada umumnya usaha dengan modal kecil maupun besar hampir sama peraturannya. Kita harus tau berapa modal yang akan dikeluarkan agar usaha tersebut bisa berjalan.
  4. Perencanaan yang matang
    Hampir semua kegagalan pelaku bisnis terjadi akibat kurangnya persiapan dan perencanaan yang baik dalam mengelola bisnis. Perencanaan usaha diperlukan agar usaha yang kita jalankan mendapatkan hasil sesuai dengan apa yang diharapkan.
  5. Definisikan keunikan produk
    Definisikan kembali keunikan produk yang akan kita tawarkan kepada konsumen. Selama ini produk yang laku keras dipasaran pasti memiliki keunikan tersendiri. Berkreasilah dengan produk yang dapat menarik perhatian konsumen.
  6. Pengelolaan keuangan yang baik
    Meskipun modal kita kecil, merintis usaha sendiri dari nol perlu pemahaman pengelolaan keuangan yang baik. Harus bisa memisahkan uang untuk bisnis san uang probadi. Fokus dalam pengembangan bisnis bukan semata kekayaan pribadi.
  7. Promosikan produk dengan baik
    Sebagus apapun produk yang disajikan, tak lantas membuat konsumen tertarik dan ingin beli produk kita. Lakukan promosi untuk memperkenalkan produk kita kepada mereka. Manfaatkan media sosial yang ada seperti facebook, twitter, instagram, dan whatsapp. Gunakan promo atau diskon dalam setiap pengajuan promosi produk yang ditawarkan.
  8. Membangun jaringan
    Hal ini memiliki peran penting, karena mereka yang ada di sekitar kita akan membantu dan membuat usaha kita berkembang. Berbagi pengalaman dan tukar menukar ilmu sehingga kita akan merasa diuntungkan.
  9. Mendaftarkan usaha kita
    Selain menjaga kualitas produk, sistem manajemen dan strategi pemasaran yang baik, kita juga harus patuh terhadap huku. Segera daftarkan usaha kita ke dinas Perindustrian dan Perdagangan di kota kita agar mendapat surat ijin usaha perdagangan.

Mental yang kuat
Kunci keberhasilan bisnis kita dalam merintis usaha darin ol adalah mental yang kuat dan sikap pantang menerah.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *